Danny Julian Pratama

Belajar, kemudian berbagi

Say No to Sedih


Foto Sungai Kapuas, Putussibau


Assalamualaikum Wr. Wb.

Untuk postingan kali ini aku bakal share nih, sedikit pengetahuan yang kupunya. Dan share ini berdasarkan keyakinanku, yaitu Agama Islam.

Oke, langsung aja. Kita tentunya pernah ya mengalami kesedihan. Lalu apa hubungannya Islam ama kesedihan??? Maka dari itu silahkan lanjutkan ya bacanya sampai tuntas ke bawah.

Gambar 1, Kesedihan
Sumber foto: https://bit.ly/2zpDdWY


Kesedihan adalah suatu keadaan perasaan yang merasa tidak beruntung, kehilangan, hingga rasa tidak berdaya. Ya, macam-macam sih sebab sedih itu. Bisa seperti dikecewakan orang, kehilangan benda berharga, dan masih banyak penyebab lainnya.

Baca juga: Jangan Ceritakan Masalahmu pada Siapapun

Tapi apakah kita tahu bahwa kita ada di dunia ini bukan buat sedih? Malahan kita diminta untuk bahagia. Nah, di postingan ini aku mengutip salah satu ayat dari kitab suci Al-Quran, yaitu Al-Baqarah ayat 38. Adapun bunyi ayat tersebut adalah sebagai berikut:

Kami Berfirman, “Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (Q.S. Al-Baqarah: 38)

Ayat tersebut, berisi tentang cerita Nabi Adam sebelum ditugaskan untuk turun ke bumi. Hal ini bisa dibaca dari ayat sebelumnya yaitu ayat 30 sampai 37, tentang Penciptaan Nabi Adam.

Petunjuk Hidup
Gambar 2, Antara jalan yang benar dan salah
Sumber foto: https://bit.ly/2zuCKTi


Oke, pada ayat 38 ini dijelaskan bahwa kita bakalan diberikan petunjuk. Maksud petunjuk itu adalah gimana sih caranya hidup di dunia ini. Karena kita sebagai manusia pasti akan melakukan banyak kesalahan. Makanya kita diberikan petunjuk.

Umat Nabi Muhammad
Gambar 3, Umat Nabi Muhammad
Sumber foto: https://bit.ly/2KCeBi3


Bukan hanya untuk Nabi Adam aja, bahkan buat anak cucunya dari generasi ke generasi hingga kita umatnya Nabi Muhammad SAW. Ya, di tiap generasi itu ada namanya panduan hidup alias petunjuk. Nah, kalo petunjuk di generasi kita ada yang namanya kitab Al-Quran.

Al Quran petunjuk hidup
Gambar 4, Al-Quran adalah petunjuk bagi Umat Manusia
Sumber foto: https://bit.ly/2DMrDYT


O iya, balik lagi ke masalah kesedihan. Seperti paparan sebelumnya, kita pasti bakal melakukan banyak kesalahan. Kok bisa gitu sih???

Tanda Tanya
Gambar 5, Manusia penuh tanda tanya
Sumber foto: https://bit.ly/2Rc0keh


Kita manusia ada yang tidak tahu caranya bersikap dengan manusia lain, makanan apa yang boleh dimakan hingga yang gak boleh dimakan, sebab terjadinya bencana alam, bahkan hal apa aja sih boleh kita lakukan dan hal apa yang gak boleh dilakukan.

Bertengkar
Gambar 6, bertengkar adalah bentuk sikap yang salah
Sumber foto: http://gikursk.ru/paper/3819/12270/


Nah, makanya kita perlu petunjuk. Mau dong kita bahagia, ya tentu aja. Itu kan pengennya kita semua, siapapun itu pokoknya. Kita pasti bakalan melakukan hal di luar kendali kalo kita gak ada petunjuk hidup.


Kerusakan lingkungan
Gambar 7, Pencemaran Lingkungan juga karena ulah Manusia
Sumber foto: https://bit.ly/2KCbM0i


Dan dari berbagai perbuatan kita itu akan ada dampaknya. Dampaknya banyak banget, tentunya dampak yang gak kita inginkan. Seperti kesedihan, gelisah, rasa takut dan lain-lainnya.

Masih juga sedih??? Coba cek diri kita masing-masing, apakah yang udah kita lakukan. Apakah yang kita lakukan sesuai petunjuk yang sudah Diberikan Allah pada kita???

Demikianlah sharing dariku kali ini. Wallahualam. Semoga bermanfaat ya. Mudah-mudahan gak bakal sedih lagi ya, Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © DANNY JULIAN PRATAMA. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018