Danny Julian Pratama

Belajar, kemudian berbagi

Anak Informatika

Anak Informatika


Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelumnya aku pernah menulis artikel yang berjudul Aku di Pontianak. Dan cerita pada artikelku kali ini adalah lanjutan sedikit dari potongan artikel tersebut.


Pada tahun 2011 dulu, aku mulai masuk kuliah. Di Pontianak, aku kuliahnya di AMIK BSI Pontianak (Akademi Manajemen Informatika Bina Sarana Informatika). Siapa sih yang gak kenal BSI? Kan udah pernah masuk iklan di TV. Hahaha…maaf sebelumnya, karena disini aku gak bermaksud untuk mempromosikan nama kampus.

Kampus BSI Pontianak
Kampus AMIK BSI Pontianak, tempat kuliah dulu


Selanjutnya, disini aku mulai kaget karena disini aku disuguhi mata kuliah yang membuat aku pusing. Karena bertolak belakang dengan kemampuanku, ya mungkin karena aku masih awal. Tapi lama-kelamaan juga Alhamdulillah sudah mulai beradaptasi.

Gimana gak pusing? Pada saat ini juga baru pertama kali aku memegang laptop, jadi aku gak terlalu paham banget penggunaannya. Bahkan untuk refresh laptop aja, aku melihat dosen bahkan ngeliatin teman-teman yang di sebelahku. Jadi aku coba meniru sedikit kebiasaan mereka.


Awal Mula kenalan dengan Pemograman

Oke, di saat awal-awal inilah aku mulai down dengan mata kuliah yang bernama Algoritma dan Pemograman. Yang mana ini merupakan dasar untuk belajar pemograman. Isinya penuh kode-kode alias rumus-rumus pemecahan masalah.

Kalo kita pernah jalan-jalan ke Toko-toko minimarket, bayar PDAM, Listrik, dan lain-lain, tentunya kita selalu ada transaksi jual beli. Di transaksi itu juga kita pasti pernah melihat aplikasi yang digunakan memudahkannya.

Biasa yang kita lihat di aplikasi tersebut, si pengguna alias orang-orang toko minimarket, pembayaran PDAM, Listrik dan lain-lain tersebut mencatat transaksi kita, nanti akan keluar nominal harga yang harus kita bayar. Setelah kita bayar, maka aplikasi tersebut akan mencetak struk untuk bukti transaksi.

Aplikasi Pengelolaan data Pemakaian air pelanggan PDAM

Gambar di atas, merupakan tempat dimana aku pernah magang dulu saat masih kuliah. Nah, aplikasi ini merupakan aplikasi yang biasa digunakan pihak PDAM untuk mencatat transaksi penggunaan air PDAM. Berisi rekap data pelanggan beserta kapasitas penggunaan per bulannya.

Nah, di bidang informatika inilah kita dipandu untuk membuat aplikasi-aplikasi yang serupa. Dan tentunya kita juga dituntut untuk menjawab tantangan di zaman yang semakin maju dan berkembang sekarang ini.

Untuk membuat semua itu, kita akan mempelajari coding alias rumus-rumus Algoritma. Dan dulu aku kira awalnya algoritma itu adalah pelajaran matematika. Rupanya algoritma itu adalah rumusan masalah yang akan kita buat solusinya biar jadi lebih mudah.

Ngoding Bareng
Ngoding bareng, mengerjakan tugas.

Gimana aku gak down? Tiap hari ketemunya rumus-rumus mulu. Aturan penulisannya harus diperhatikan dari titik koma, tanda operator dan lain-lain. Jika salah dikit aja, maka programnya akan error alias tidak bisa jalan sama sekali.

Tapi Alhamdulillah sih, semakin kita latih dan semakin kita rajin ngulik maka kita lama-kelamaan itu jadi mudah. Dan Alhamdulillah, rupanya semua itu benar-benar terasa mudah.


Bahasan Selama Kuliah

Ini temanku, Bang Siri. Ini waktu magang di Perpus Daerah Kota Pontianak
Selama kuliah, yang dibahas bukan hanya tentang pemograman aja. Tapi lebih ke Sistem Informasi. Yang mana nanti kita akan membangun aplikasi, dari aplikasi tersebut kita bisa memasukkan data, dan yang terakhir dari aplikasi tersebut bisa menghasilkan informasi yang berguna untuk penggunanya.

Selain itu, disini juga diarahkan gimana sih pendekatan kita dengan pengguna aplikasinya. Prosedur manualnya seperti apa, nanti aplikasinya mau dibuat dengan tampilan yang gimana, bisa melakukan apa saja juga tentunya.

Pengguna sistem informasi ini juga banyak meliputi perusahaan besar, organisasi, sekolahan, perkuliahan, hingga personal alias pribadi. Jadi, sekarang semuanya sudah menggunakan teknologi berbasis Sistem Informasi. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam transaksi atau pengelolaan data operasional masing-masing kebutuhan tiap pihak pengguna.

Maka dari itu, tidak heran bila banyak anak lulusan informatika yang dicari dalam peluang kerja di masyarakat. Selain itu, bisa juga menjadi seorang pengusaha. Dan itu juga sesuai dengan pola pikir dan kemauan kita masing-masing tentunya.
Pontikost, aplikasi web pencarian kost di kota Pontianak

Gambar di atas, adalah gambar aplikasi berbasis web bernama Pontikost. Di aplikasi ini, disediakan informasi rumah kost untuk orang-orang yang sedang mencari rumah kost. Ini  juga merupakan karyaku waktu aku masih berjuang menyelesaikan Tugas Akhir untuk syarat kelulusan kuliah. 

Jadi, anak informatika itu saat kuliahnya banyak belajar tentang sistem informasi. Dan sistem informasi itu tentunya membantu memudahkan pekerjaan, apapun bidangnya.

Akhir kata, sedikit perjalanan dan pengalaman yang aku bagikan dari tulisanku kali ini. Sebagian ilmu yang aku pelajari di saat kuliah adalah Pemograman Web, silahkan klik disini untuk mencoba belajar.

Semoga bermanfaat, Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.





Share this:

1 comment :

 
Copyright © DANNY JULIAN PRATAMA. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018