Danny Julian Pratama

Belajar, kemudian berbagi

Pentingnya Bijak dalam Internet





Assalamualaikum Wr. Wb.

   Pada postingan ini, aku ingin membahas tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang sering digunakan masyarakat pada saat ini, yaitu internet. Karena internet merupakan suatu media yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti komunikasi, bisnis, hiburan, pendidikan, dan lain-lain. 


Internet bisa diakses dimanapun dan kapanpun maupun siapapun tanpa pandang suku, agama, ras, jenis kelamin, profesi, usia, kalangan pengusaha, organisasi, dan berbagai kalangan masyarakat lainnya. Semuanya bisa menggunakan internet. Bahkan internet bisa diakses menggunakan berbagai perangkat, seperti PC, Laptop, Tablet, bahkan Smartphone. Sampai saat ini, hampir semua lapisan masyarakat memiliki berbagai perangkat tersebut. Jadi, itulah sebabnya jumlah pengguna internet semakin banyak.


Kamis 20 Juli 2017 kemarin, Panitia dari Dinas Komunikasi dan Informatika kota Bandung mengadakan acara berjudul “ PERAN WARGANET DALAM PEMANFAATAN TIK ” dan berlokasi di Prime Park Hotel Bandung. Dan disini, kami anak-anak blogger Bandung
diundang untuk mengikuti acara tersebut.


Suasana saat sebelum acara dimulai



Adapun acara tersebut diisi oleh dua orang pembicara yang sangat luar biasa sekali, yaitu Kang Latif dan Kang Mario DevysBerdasarkan pemaparan yang dibawa oleh kedua pembicara tersebut, maka berikut ini adalah beberapa pesan yang aku dapat saat mengikuti acara ini.


Etika Berinternet




Kang Latif, membahas tentang Etika Berinternet

Etika berinternet ini sangat penting. Dikarenakan warganet berasal dari berbagai kalangan masyarakat yang berbeda-beda, jadi apa yang kita bilang wajar tapi bagi orang lain itu bisa jadi tidak wajar. Bahkan berbagai fasilitas di internet juga bisa jadi membuat orang lain jadi iseng atau melakukan hal yang gak etis, kemudian ada juga yang menggunakan internet bukan dengan identitas asli. Warganet alias juga akan terus bertambah seiring waktu.


Maka dari itu, apapun yang kita lakukan di internet baik itu chatting personal maupun group, posting, share berita dan lain-lainnya itu harus berhati-hati. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam berinternet.


Karena internet itu jika digunakan bisa menimbulkan dampak positif dan negatifnya. Kalo dampak positifnya, tentunya untuk komunikasi lebih mudah, transaksi juga makin lancar, memperluas jangkauan informasi, dan lain-lain. Dampak negatifnya, bisa memicu konflik, hingga masalah moral dan lain sebagainya.


Dan semua itu tidak pernah luput dari sebab akibat. Untuk yang dampak negatifnya, bisa jadi disebabkan oleh berita palsu alias hoax, baca postingan status yang menyinggung, tonton dengan unsur moral yang kurang baik dan lain sebagainya. Sekali lagi, kita selaku warganet harus lebih bijak dalam menggunakan internet.


Personal Branding


Kang Mario Davys, membahas tentang Personal Branding

Personal branding, merupakan suatu hal yang sangat penting dalam berinternet. Melalui internet, kita bisa dikenal orang-orang di seluruh Indonesia, hingga ke seluruh dunia. Apapun yang sering kita posting di internet, itulah yang akan menggambarkan diri kita dan karena itulah kita akan dikenal di internet. Karena tiap posting, dibaca atau dilihat oleh semua orang yang mengakses internet.


Jadi, intinya Personal branding itu adalah sebuah proses membuat orang lain mengenal kita dan mempercayai kita sesuai posisi yang kita mau. Kitanya ingin dikenal kayak gimana? Terus gimana orang bisa kenal dengan kita? Ya, itulah yang dinamakan dengan Personal Branding.


Materi yang satu ini dibawakan oleh Kang Mario Devys, disini beliau menjelaskan bahwa personal branding itu digunakan sebagai potensi untuk kita mengenalkan diri kita tentang karir, profesi, dan usaha kita. Apalagi dengan adanya internet, tentunya proses personal branding ini jadi makin mudah untuk dilakukan.


Intinya, dengan personal branding ini bisa membuat kita mudah untuk dapat karir serta profesi yang kita mau, bahkan bisa membantu dalam bisnis atau usaha yang kita jalankan. Maka dari itu, pesan dari Kang Devys ini adalah terus maksimalkan fungsi internet terutama untuk personal branding sesuai passion kita.


Kesimpulan


Oke, untuk catatan ini aku gunakan untuk ajakan untuk teman-teman yang udah mau baca postingan ini, termasuk aku juga. Marilah kita sama-sama melakukan hal-hal yang bermanfaat melalui media internet, dan lebih bijak dalam menilai suatu informasi yang kita terima maupun memberikan informasi kepada orang lain.





Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Insya Allah akan terus membagikan artikel baru yang bisa memberikan wawasan baru untuk kita semua. Terima kasih.


Walaikumsalam Wr. Wb.



Share this:

Post a Comment

 
Copyright © DANNY JULIAN PRATAMA. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018