Danny Julian Pratama

Belajar, kemudian berbagi

Memperbaiki Diri



MEMPERBAIKI DIRI

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Sebelumnya, aku pernah posting tentang Mengenal Diri Sendiri. Karena hal tersebut, tidak lain dan tidak bukan adalah suatu langkah awal dalam perjalanan untuk jadi lebih baik. Bahkan bisa untuk sukses. Saat kita sudah kenal dengan diri sendiri juga, tentunya kita pasti dengan mudah mengenal orang lain.

Kenapa bisa dibilang langkah awal? Kita nanti pasti bakal terjun langsung, alias bertemu orang-orang di luar sana. Tentunya kita pasti punya banyak pertanyaan di dalam hati, seperti:

Kenapa tiap aku ngomong, dia malah liat ke yang lain?
Kenapa dia tiba-tiba cemberut? Padahal aku gak bermaksud nyinggung dia.
Kenapa dia itu baik sekali dengan orang lain?

Dan lain sebagainya, pokoknya beragam. Dengan berbagai pertanyaan tadi, tentunya kita mau tau kan? Apa jawabannya? Maka diperlukanlah proses mengenal diri sendiri.

Jika kita sudah dapat berbagai pertanyaan yang seperti kenapa, kenapa, dan kenapa tadi? Tentunya kita perlu belajar untuk instrospeksi diri.

Itu artinya, kita coba ingat-ingat gimana sih kelakuan kita di mata orang lain. Jika seseorang tidak nyaman dengan kita tentunya ada yang diam dan menjauhi kita. Sebagiannya lagi mungkin ada yang memberi komentar, seperti:

Mungkin, kamu itu seperti ini…Kamu itu seperti itu…

Atau mungkin, nanti ada yang memberi kritik seperti:

Coba kamu nanti jangan gitu lagi deh. Coba kamu begini aja.

Tentu saja ada. Kita hanya perlu mengenal diri aja. Terus kita terima kritik orang lain, untuk jadi diri yang lebih baik. Kalau ada temanmu atau orang di sekitarmu, yang memberikan kritik seperti itu, itu sudah pasti karena orang tersebut memperhatikan atau peduli dengan kita.

Setiap dari kita tentu punya salah yang mungkin itu disengaja atau tidak. Itu wajar, karena manusia itu tidak ada yang sempurna. Hanya saja kita perlu lebih berhati-hati lagi.

Tapi sebenarnya, jika punya salah juga. Gak apa-apa kok, jadi kita tau kita salahnya dimana. Dan kita juga tau biar salah itu gak terulang lagi. Intinya, kita terus belajar dan terus belajar lagi.

Semakin banyak melangkah, semakin banyak pula wawasan yang bakal terus didapat. Bahkan kita juga jadi semakin matang dalam memecahkan suatu masalah.

Maka dari itu buatlah dirimu sadar dengan kesalahan yang pernah dibuat, terimalah kritik dan saran dari orang lain, jadilah lebih baik terus menerus. Mulai dari hal-hal kecil, nanti juga akan terus berpengaruh jika dilatih terus, dan itu bisa jadi buah kebaikan yang besar, Insya Allah.

Dan, untuk menjadi lebih baik itu kita hanya perlu Memperbaiki Diri. Terus dan terus tiada henti. Yang penting terimalah itu, jika memang itu kenyataannya keburukan kita di mata orang lain.

Sekian dulu, untuk postingan ini. Insya Allah akan posting lagi artikel yang menambah wawasan. Semoga artikel ini bermanfaat, buat kamu yang udah mau baca.
Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © DANNY JULIAN PRATAMA. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018