Danny Julian Pratama

Belajar, kemudian berbagi

Jelajah Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat



Assalamualaikum Wr. Wb.

Untuk postingan ini, aku ingin berbagi cerita tentang keindahan alam yang sempat aku lihat di pulau Lombok, tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Adapun beberapa destinasi wisata yang menarik dan sudah terkenal ke seluruh pelosok Nusantara bahkan ke Mancanegara, adalah Gunung Rinjani, Pantai Kuta, Pantai Senggigi, dan masih banyak yang lainnya karena yang aku tahu cuma sebatas ini saja. Destinasi wisata di Lombok termasuk destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. 

Pada bulan Desember 2016 lalu, aku berkunjung ke pulau ini sekalian aku menjenguk keluargaku disana. Jadi pada momen ini aku tidak terlalu banyak berjalan-jalan, tapi ada beberapa sih angle tempat wisata yang udah berhasil aku foto. Jadi foto-foto dan deskripsi berikut berdasarkan apa yang telah aku lihat. Dan berikut ini adalah beberapa tempat yang sudah aku kunjungi disana:

1.         Pantai Kuta

Pantai Kuta, namanya memang sama dengan Pantai Kuta di Pulau Bali. Penduduk asli Lombok kebanyakan menyebut dengan nama “Pantai Kute”, mungkin ini karena lidahnya “orang Sasak” yaitu suku asli penghuni pulau ini menyebutnya begitu dalam aksen “bahasa Sasak”. Pantai Kuta di Lombok ini tidak jauh beda keindahan dengan Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali. Pantai ini memiliki hamparan Pantai Pasir Putih yang indah dan bersih pemandangan laut yang luas dan memukau bahkan ombak yang bergaris-garis yang berjalan ke tepian pantai, logikanya yang namanya juga pantai yang pasti ada laut (hahaha…maaf bercanda dan maaf kalau garing).





Di pantai ini juga, banyak anak-anak yang jualan pernak pernik khas Lombok dan orang-orang jualan makanan.Bahkan ada café hingga penginapannya juga.

2.         Tanjung Ann



Tanjung Ann merupakan salah satu pantai yang memiliki pesona alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata di Lombok lainnya. Saat mata melihat kemana saja di Tanjung Ann ini akan tampak pemandangan yang sangat mengagumkan. Pantai ini dikelilingi oleh bukit. Ada dataran tinggi juga pas di pantai ini, jadi bisa memandang lebih leluasa ke tengah lautan.






Untuk deskripsi pantai ini aku tidak terlalu tau jelas, karena aku hanya sebentar saja disini.

3.         Monyet di Gunung Pusuk


Tempat ini merupakan kawasan perbukitan yang tidak jauh dari “Pantai Senggigi” yang merupakan salah satu destinasi yang populer juga di Lombok. Disini tampak pemandangan yang indah saat kamu memandang pepohonan dari atas bukit. Tempat ini terdiri dari hutan dengan pepohonan yang besar dan rindang hingga tempat ini menjadi habitat monyet.





Sebenarnya nama tempatnya “Gunung Pusuk”, ada kata monyetnya karena saat kamu jalan ke gunung ini tepat di kiri dan kanan jalan ada monyet di tepi jalan. Kata masyarakat sekitar monyet disini tidak mencari makanan di hutan, akan tetapi mereka biasanya menunggu di tepi-tepi jalan untuk mengharapkan pemberian pengunjung akan makanan yang dibawa oleh pengunjung tersebut. Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu yang ingin melewati tempat ini membawa makanan khusus untuk monyet seperti roti, pisang, buah lainnya, kacang, bahkan permen juga monyet disini pada menyukai pemberian apapun dari pengunjung. Jadi, jangan heran saat kamu menepi dan ingin foto-foto di kawasan ini kamu langsung dikerumuni monyet yang jumlahnya cukup banyak. Tapi tenang saja, monyet disini tidak menyerang pengunjung karena sudah akrab dengan manusia apalagi kalo diberi makan hanya saja mereka belum biasa berpegangan dengan pengunjung.

Kalo kamu melewati kawasan ini, khususnya buat kamu yang perempuan yang biasa bawa tas selempang harus hati-hati takut dirampas monyet jadi harus dipegang erat-erat buat berjaga-jaga.




Akhir kata....

Jadi, hanya itu saja yang bisa aku persembahkan pada postinganku yang satu ini. Karena di pulau Lombok ini, hanya tempat-tempat itu saja yang baru aku kunjungi dan belum sempat ke destinasi wisata yang lainnya. Maka dari itu, maaf juga kalo deskripsinya juga kurang lengkap dan hanya yang diposting disini hanyalah sebatas apa yang aku tahu saja. Insya Allah untuk postingan berikutnya aku usahakan untuk posting lebih baik lagi. O iya…sebagai tambahan, di bawah ini ada beberapa pemandangan pedesaan yang memiliki persawahan di kiri kanan jalan dan inilah daerah pedesaan tempat keluargaku tinggal.
Akhir kata, Wassalamualaikum Wr. Wb.



Share this:

Post a Comment

 
Copyright © DANNY JULIAN PRATAMA. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018